sejenak luangkan masa

the other side of triplezet

Internet Ngos-Ngosan… (ingat kisah Ibu Prita)

Posted by zfly pada Juni 9, 2009

Masih segar dalam ingatan kasus yang menimpa Ibu Prita Mulyasari yang gara-gara menuliskan uneg-unegnya di internet lalu dituntut pihak RS. Omni Internasional.

Apakah tulisan saya kali ini membahas kasus tadi? Owh… sama sekali tidak. Tidak sama sekali! Sudah banyak pakar2 yang membahasnya kok🙂

Hanya mungkin kejadian yang saya alami ini sedikit banyak ada kesamaan dengan kisah Ibu Prita dalam konteks yang berbeda. Yupp… seputar uneg-uneg yang ditulis dalam media internet, tepatnya Blog.

Begini, sudah seminggu belakangan ini, layanan internet yang saya pakai, sebut saja Telkomsel Flash Unlimited. Itu lho, jenis layanan internet yg diproduksi oleh pihak Telkomsel berbasis Volume penggunaan kilobyte. Nah layanan internet Flash Unlimited dalam seminggu ini sudah menunjukkan performa yang menurun. Betapa tidak. Setiap koneksi, tidak lebih dari 5 atau 10 menit pasti terputus. Lalu dikoneksikan lagi, lalu putus lagi. Dan jujur saja, m-e-n-j-e-n-g-k-e-l-k-a-n saya!

Masalah ini kemudian saya tanyakan juga kepada teman lain yg menggunakan layanan yang sama (flash unlimited). Eh, ternyata si teman juga mengalami hal yang sama.

Teman, tentu dlm hal ini kalau dialami teman sekalian pasti jengkel, kecewa dsb-dsb. Apalagi jika koneksi yg dilakukan menyangkut hal yang penting, semisal melakukan transaksi banking, download data, termasuk sedang online, chat komunikasi dengan teman lainnya. Setiap saat terputus bikin dongkol donk.

Nah, lewat hal ini tentu saja harapan saya agar pihak Telkomsel memperbaiki sistem internet Flash nya agar tidak mengecewakan pelanggan. Kalau memang teknologinya belum siap, ya jangan dulu deh dilempar ke masyarakat. Masyarakat pengguna bisa dirugikan dari sisi waktu dan penggunaan yg tidak optimal. Bukan begitu? Begitu saja deh🙂

Nah, kembali ke kalimat pembuka diatas, tentang Kasus Ibu Prita. Ada kesamaan kisah sebenarnya. Kami sama-sama mengeluhkan layanan yg diberikan baik pelayanan kesehatan (Ibu Prita) dan layanan informasi (saya).

Perbedaannya, Ibu Prita dituntut pihak pengelola kesehatan (RS. Omni) dengan dalih pencemaran nama yang diatur dlm UU No. 11 Tahun 2008 tentang ITE. Sementara saya, saat ini, baru mengeluarkan uneg-uneg/keluhan terhadap layanan internet yg saya anggap kurang memuaskan.

Jika sekiranya setiap uneg-uneg/keluhan terhadap penyelenggaraan sebuah layanan dikaitkan dengan merugikan nama baik, maka hal mendasar yang timbul adalah matinya keberanian untuk mengungkapkan apa yang perlu diperbaiki oleh penyelenggara. Dan itu sebenarnya yang diinginkan semua pihak. Pelayanan yang memuaskan.

Jika penyelenggara layanan tidak siap dikritisi, ya sebaiknya jangan memberikan layanan. Artinya, tutup usaha saja alias turunkan plang usahanya. Lha, membuka sebuah layanan tentu resikonya harus meningkatkan kualitas layanan bukannya sebaliknya, ngamuk-ngamuk ketika pelanggan mengungkapkan sisi buruk layanan yang diberikan!!!

Saya rasa, dikeluarkannya UU No. 11 Tahun 2008 tadi sama sekali tidak bertujuan untuk menyusahkan masyarakat. Apalagi jika tujuan masyarakat dimaksudkan agar pelayanan yang diberikan semakin meningkat kualitasnya! Artinya ada semacam pemahaman yang keliru tentang UU tersebut. Dan tentu saja, para pakar hukumlah yang mengerti tentang esensi UU tersebut. ATau kalau memang tidak sesuai dengan perkembangan di masyarakat, yaa direvisi saja. Toh, UU bukan barang tabu buat diperbaiki sepanjang sesuai dengan perkembangan/kebutuhan masyarakat.

Hehe… dan tentu saja, saya juga harus bersiap jika nanti dituntut pihak penyelenggara internet karena mengeluarkan uneg-uneg tentang layanan internet yang saya rasakan. Database tentang penggunaan khan ada di operator, jadi tau persis donk waktu-waktu internet yang ngos-ngosan sewaktu saya gunakan🙂

Any comment, teman??

16 Tanggapan to “Internet Ngos-Ngosan… (ingat kisah Ibu Prita)”

  1. yangputri said

    ngenet ngos ngosan …?? Ya sabar aja bang… Asal jgn abang aja yg ngos ngosan😀
    Piiii….iiis bang

    yapp, sabar itu pasti lah put, ehh, abg gak mudah ngos2an lho, wkekekk

  2. Eyang said

    kalau internetnya saja ngos-ngosan gimaya dengan orangnya ya????

    yaa… terpaksa nahan esmosi boz😀

  3. julie said

    oke sebentar lagi akan ada yang menuntutmu bang

    Siapppp… k-u-l-a-d-e-n-i Jul, kalo gak mampu, yaa Kaburr😀

  4. uni said

    internet di sini juga gi ga bagus, hehe ini aja pake modem external😀

    owhh, sering gangguan jg ya Uni?🙂

  5. depz said

    sering2 ajak olahraga tuh inet bos

    biar ga gampang ngos2an
    hihih

    hehe… sport jantung jak bro

  6. andivan said

    sekarang disini inet nya lagih bagus..
    wuuuuuuuusssssssssshhhh…
    *bikin ngiri zfly*😀

    yapp… ngiler Bu😀

  7. Mada Suzamar said

    siap-siap aja bang sewa pengacara…

    nyewa? gak ada yg bisa dibeli rupanya, duhh..

  8. baratra said

    sini aja bos 3 gb free hihihihi

    sama, 3GB free, cuma sering putus2 men

  9. mrpsycho said

    iya nih,kalo nggak ngeluh tau protes,gak digubris bro..

    kalo ngeluh, dituntut ya bro, itu dia!! gak siap dia, bro..😀

  10. cyperus said

    minum dolo..

    jamu?

  11. y4nu4r said

    minum obat kuat, biar gak ngos-ngosan.. hehe.

    itu mah yg ngos2an lain bro😀

  12. Eyang said

    duh masih ngos2

    ho’oh, ngos2 ni masuk ke dashboard.

  13. isti said

    tenang aja udah ada OCK yang membela…maksudnya OC.Kaligis…hehe..

    tapi… gratis gak?!

  14. yenin said

    istirahat dulu bro ,biar gak ngos-ngosan hehe

    yoi… ntar konek lagi ya Yen, hehe

  15. bunga raya said

    kayanya menyeluruh deh sekarang ngos ngosan ya

    hooh, megap-megap kayak ikan maen ke mall😀

  16. easy said

    udahhh.. stop aja langganan flash.
    modemnya paketkan ke aku😀

    huhhh… gratisan saja pikiran mu lies..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: