sejenak luangkan masa

the other side of triplezet

Ikhlas Itu…

Posted by zfly pada April 2, 2009

andai aku disodorkan pertanyaan :

apakah yang paling sulit dilakukan?

tanpa ragu aku akan katakan : berbuat ikhlas !

ikhlas…

dia berdiri agung di langit.

dia terhunjam dalam di sudut bumi.

namun dia tetap tak tersentuh debu keangkuhan.

tanpa ikhlas…

takkan indah kehidupan di bumi.

takkan terpancar cahaya kebenaran ke langit.

bahkan takkan tegak ajaran sang Nabi.

dengan ikhlas…

lunaklah sebongkah batu kesombongan.

sejuklah api keangkara-murkaan.

bahkan lembutlah segumpal hati yang keras.

ikhlas…

hari ini aku masih juga tak paham

lalu ku coba memahami

hakikat dirimu, ikhlas.

32 Tanggapan to “Ikhlas Itu…”

  1. tya said

    jadi inget pernah liat ceramah seramah ustadz di tipi…
    kata beliau waktu itu kira-kira:
    IKHLAS ITU BUKANNYA TANPA PAMRIH, TAPI MENGHARAPKAN RAJANYA PAMRIH. KETIKA SESEORANG BERBUAT IKHLAS, DIA MENGHARAPKAN PAMRIH DARI SANG PENCIPTA BERUPA SURGA, ADAKAH YANG LEBIH KITA DAMBAKAN DARI SURGA???

    Jadi, ikhlas karena mengharapkan surga pun belum ikhlas yg sebenar2nya ikhlas? Dapat tambahan ilmu nih dari tya🙂

  2. thursan said

    Seorang ustadz mengatakan kepada saya, ikhlas itu ibaratnya berbuat baik seperti membuang sampah di mana kita tidak merasa berat untuk melakukannya dan tidak memikirkan lagi sesudah melakukannya.

    Salam dari:

    http://buku2penting.blogspot.com/
    http://info9mahapenting.blogspot.com/

    makasih tambahan ilmunya pak. trims juga udah mampir🙂

  3. easy said

    ikhlas itu hal yang sulit untuk dilakukan kak. aku aja sampe detik ini rasanya belom ikhlas atas hilangnya jeans kesayanganku di jemuran😦

    itu baru jemuran jeans khan lies, belom yg lebih besar lagi. belajar ikhlas.

  4. andivan said

    susah ya ikhlas itu, tidak semudah mengucapkan kata ikhlas..😦

    sangat susah… saya pun terkadang khilaf dgn keihklasan Bu🙂

  5. Pak Ogah said

    gini bleh, ikhlas itu kamu ikhlas biarpun postingan kamu ilang😆

    hehe… lu ngejek ya Gah? yodah ikhlas saja Gah..

  6. Professor Chaos aka Greenapple2008 said

    ikhlas,hmmm,sekali2kali sih gua dah pernah😀

    wah hebat U Grin. tingkatkan lagi menjadi berkali2. Seperti “kuda” di chatbox-mu itu. Dia e’ek tanpa pernah mengharapkan e’eknya kembali😀

  7. an9el said

    wuiiihh….berbuat ikhlas memang susah tapi itulah perbuatan yg paling mulia🙂

    yupp… makanya saya pun terus belajar utk itu Njel🙂

  8. susah ya bang?
    sama mbokjamu juga…
    karena memang manusia hakikatnya pengen dapet reward langsung

    tapi sedikit sharing nie…
    apa pun yang kita lakukan,
    lakukan dengan niat Lillahita’alla
    dan niat menabung agar yang mendapat manfaat dari perbuatan baik kita itu adalah anak cucu kita nanti

    insyaAlloh jadi lebih lapang…
    ga ngaruh orang mo comment & bereaksi apa ja terhadap yang udah qt lakukan
    yang penting kan niatnya udah lillahita’alla

    kalaulah ikhlas itu berupa barang, pasti dibeli semua orang buat diwariskan kpd anakcucu… akan tetapi ikhlas tidak bisa dijual beli. Dia terlahir dari hati yg benar2 bersih. Lillahita’ala… hemm… sepertinya dapat tambahan belajar lagi dari tisa🙂

  9. melly said

    mungkin dengan pelan2 kita bisa ikhlas.
    tanpa sadar juga mungkin kita sudah berbuat ikhlas.

    ikhlas
    duh kok gak begitu gampang yah

    tentu saja tidak gampang, karna terkadang bertentangan dgn keinginan hati. yupp, hawa napsu tepatnya. dalam urusan apapun.🙂

  10. tonosaur said

    emang susah prakteknya..

    sangat !🙂

  11. easy said

    nih aku lagi ikhlas ngasih komen kak😀

    kayaknya dipaksa-paksain deh😀

  12. andikirik said

    jd inget film kiama sudah dekat, cm karena ikhlas merelakan wanita kesayangannya menikah dgn orang lain, eh malah keikhlasan itulah yg membuatnya kembali dapat memiliki wanita pujaannya, memank luar biasa sekali dampak ikhlas sob!

    well, luar biasa cerita singkatnya bro, hikmah ikhlas🙂

  13. songgolangit™ said

    kata guru agama di sekolah sich katanya Ikhlas itu sama dengan (maaf) kayak kita buang hajat ke belakang tiap pagi.
    itulah ikhlas.

    hemm… kurang lebih begitu, gak pengen diambil lagi🙂

  14. yangputri said

    ikhlas itu terkadang sulit untuk dipraktekan

    idem reply comment tonosaur : Sangat!

  15. Aribicara said

    Urusan IKHLAS hanya ALLAH saja yang tahu ..

    Walau terkadang orang memberikan tanda2 kalau kita ikhlas tapi belum tentu itu benar,,

    Kadang yang menurut kita terlihat ikhlas, belum tentu menurut Allah
    dan bahkan mungkin saja menurut penilaian orang terlihat tidak Ikhlas tapi ALLAH menilai itu sebuah Keikhlasan🙂

    Bijak skali Ri…🙂
    urusan Allah semuanya, dan ini pelajaran yg sangat berharga…

  16. julie said

    keikhlasan mang paling sulit dilakukan
    masih belajar teruuuuuusssss

    sama Sist… sama2 belajar.

  17. ingat ikhlas, aku ingat film KIAMAT SUDAH DEKAT dari dedy mizwar.

    kayaknya ikhlas bukan utk dimengerti kali kang..
    tapi laksanakan saja.. biar orang lain dan yg diatas yang menilainya

    pada prinsipnya sepaham Engkong.. namun untuk melaksanakan tentu perlu dipahami dulu bukan🙂

  18. Luvjoy said

    aku ikhlas..
    sangat ikhlas..
    teramat sangat ikhlas

    menerima upahku tiap akhir bulan..

    ******

    si Joy, giliran gajian pasti ikhlas dia..🙂

  19. maureen80 said

    hmmhhh… harusnya memang seperti itu ya bro… sampai saat ini aku pun selalu ingin untuk terus dibimbing, untuk melakukan segala sesuatu nya karena ikhlas.

    diriku pun masih perlu banyak belajar Sist… kadang memang emosi/napsu yg lebih dominan.. yuks🙂

  20. yoana said

    Richa pernah dikasitau kalau contoh ikhlas yang sebenar-benarnya adalah ketika kita buang air besar,seikhlas itu kita melepas sesuatu seperti halnya melepas air besar itu makalah baru bisa dikatakan ikhlas.

    yupp, itu dlm kategori melepas Yo🙂

  21. cyperus said

    ikhlas itu.. melihat pic YM kamu sambil maem bakso atw ngupil.. huehehe..

    Nah, jika dianugrahi wajah kayak pic itu… ikhlas gak u Cyp ?😀

  22. faiz said

    kayaknya aku harus belajar ilmu ikhlas pada kamu nich

    salah bro, justru saya masih tengah memahami.

  23. 1nd1r4 said

    ikhlas itu memang ada ilmunya bang, dan harus dipelajari🙂

    pasti Dek🙂 …, segala sesuatu pasti ada ilmunya

  24. Idana said

    Aku saat ini sangat merasa kehilangan,dan aku mulai belajar ntuk mengikhlaskan nya walau terasa berat namun aq harus bisa.

    hemm…, kehilangan dan harus merelakan ya.., mudahan bisa deh Da.

  25. yenin said

    yup sulit banget bro

    Banget !

  26. mrpsycho said

    contoh lain, mari bernyanyi….bagai sang surya menyinari dunia …

    tull… tak kenal lelah, tak kenal bayar !

  27. easy said

    ngerasa terpanggil kesini. ooo… pantesan. bang psycho sebut2 namaku. lies surya😀

    naaaaa… ini baru ikhlas…
    merasa terpanggil, meski dipanggil si psycho😀

  28. depz said

    sulitt

    pasti!

  29. julie said

    jahh lom apdet juga dia

    ehem… gak denger nih

  30. baratra said

    ikhlas itu ketika melihat teman menderita kita ikut sengsara😀 ketika melihat teman bahagia kita ikut iri😀

    ngaco yg diatas ikhlas nya kwkkw

    btw ikhlas bagi gw adalah kesediaan

    hemm… tapi ada benarnya bro. bahagia teman bahagia kita juga, duka teman duka kita juga.
    kesediaan buat menerima ya bro🙂

  31. cintamentari said

    Ikhlas itu depz, yang rajin ngunjungin blog aku dan kasih koment, tapi baru kali ini aku ngunjungin blog kamu, thanks depz…salam kenal

    maaf, anda salah masuk blog. Ini bukan blog si depz. Ini zfly… tapi ya udah, ikhlaskan saja🙂

  32. cintamentari said

    Aduh, maaf jadi malu nih, maksud aku zfly…aku seing menemukan coment kamu di blog aku , thanks ya…

    gpp cimer (cinta mentari, red). gak perlu malu kok, biasa lah khilaf itu.. thanks juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: