sejenak luangkan masa

the other side of triplezet

Postingan Politik Bisa Hilang, Aneh!

Posted by zfly pada Maret 31, 2009

Tanggal 21 Maret 2009, saya bikin postingan yang menyentuh ranah politik. Postingan ini merupakan link dari portal antara.co.id, dan itu sudah saya cantumkan link-nya. Posting ini awalnya dapat di-klik di judul ini “Kampanye 15 Menit, Dananya “Cuma” 1 Milyar”. Sekarang sudah hilang postingan itu!

Isi postingan sebenarnya tidak ada yang aneh, hanya mengulas sebuah partai politik yang melakukan Kampanye selama 15 menit namun menghabiskan dana “cuma” 1 Milyar. Hanya 1 Milyar, belum 1 Trilyun !

Ya, sama sekali tidak ada yang aneh. Masalah menjadi aneh, manakalah postingan itu tidak ada lagi di blog ini. Ya, hilang !!! Kenapa? Saya sendiri tidak tahu, gak ngerti.

Hemm… berangkat dari rasa penasaran, saya coba klik Oom Google dengan mengetik kata kunci : Kampanye Termahal.

Ternyata, hasil search engine Oom Google masih cukup dapat diandalkan!

Terbukti di Google, postingan dgn keyword “Kampanye Termahal”, postingan saya menempati ranking pertama di situ.

Nah, blogger dapat membuktikannya lewat google, klik “Kampanye Termahal”, lalu klik link cache (tembolok) yg ada dibawah hasil pencarian. Akan ditemui bentuk asli postingan saya yang hilang itu dan masih tersimpan di arsip Google.!

Di link tembolok Google, masih terpampang arsip postingan blog dimaksud. Silahkan klik disini. Cache atau tembolok google maksudnya copy atau salinan web hasil penelusuran engine google yang diambil dari website dan masih bisa dilihat untuk jangka waktu sementara, meskipun pada website aslinya telah dihapus!

cache-google-kampanye-15-menit-dananya-cuma-1-milyar

Sekarang, blogger dapat membandingkan dengan blog saya, maka di blog saya ini tidak akan dijumpai postingan Kampanye Termahal tadi. Yup, sudah “terhilang”. Dan itu saya tidak tahu bagaimana terjadinya proses hilangnya. Anggap saja hilang dibantai Tuyul !

Apakah selesai sampai disitu? Oh tidak…!

Katakanlah ini adalah ulah hacker, maka tentunya hacker ini sedikit kacangan. Mengapa? Karena sejatinya seorang hacker tidak perlu repot-repot cuma menghapus 1 postingan, sekaligus saja seluruh postingan dihapus. Ini pakai pilih bulu. Yang bernuansa politis dan mungkin agak merugikan salah satu pihak langsung dihantam. Ckckckck… begini ini jika Politik sudah menjejakkan kukunya di ranah cyber!

Kalaulah hacker, kenapa juga cuma blog seorang triplezet yang bisa hilang? Bukankah sumber postingan utama adalah di portal Antara. co.id ? Kenapa tidak sekalian dihapus juga postingan utama di Antara co.id? Ini menunjukkan masih perlunya ilmu kanuragan tingkat tinggi dari hacker yang bersangkutan.

Satu postingan saya telah hilang dan yang terpilih adalah postingan Politik Ringan yang lumayan menyentil. Benar-benar dunia blog yang aneh bin ajaib !

Oke, jika argumen hilangnya posting tadi bukan karena ulah hacker? Katakanlah human error, misalnya saya sendiri yang melakukan delete? Rasanya terlalu naif jika harus saya posting tulisan ini. Tidak perlu repot-repot. Posting ulang saja dengan file asli yang tersimpan di hardisk komputer saya!

Namun ada harga mahal yang harus dibayar. Membuat ulang postingan berarti menghilangkan komentar awal teman-teman blog saya.

Lalu, jika bukan karena ulah hacker atau human error maka hilangnya postingan ini sudah tentu disebabkan sistem engine blog yang error. Namun fakta ini terbantahkan secara logis. Kenapa? Jika sistim error, maka bukan hanya 1 postingan yang terdelete, akan tetapi semua ikut-ikut terdelete.

Para blogger yang terhormat !

Ada tanya mencuat manakala saya berfikir ulang tentang hal sepele ini. Yup, hal yang sepele. Hilangnya sebuah postingan politik nyentil! Pertanyaannya : Mungkinkah ada pihak yang merasa tersentil dan tidak senang dengan postingan saya yang berjudul “Kampanye 15 Menit, Dananya “Cuma” 1 Milyar!” ???

Kalau ada yang tersentil lalu melakukan upaya penghapusan postingan, wahh… ini menunjukkan kerdilnya semangat demokrasi. Dibayar berapa buat menghapus postingan tersebut! Edan. Padahal, postingan itu biasa-biasa saja tidak menyinggung SARA dan ditulis oleh seorang blogger yang juga biasa-biasa saja🙂

Jujur saja, dengan semakin dekatnya pesta demokrasi yang katanya digelar tanggal 9 April mendatang, saya pribadi semakin tidak simpatik dengan partai politik dimaksud khususnya! Mending saya nyoblos partai Daun Pisang !!! Kalau dunia ekspresi yang kecil dikekang maka apatah lagi untuk urusan yang lebih besar, urusan bangsa ini!

“Mari belajar menyelesaikan masalah tulisan dengan cara yang elegan dan itu yang terbaik”.

NB :

Jauh hari sebelum postingan itu hilang, saya mem-back up seluruh postingan blogdetik ini di wordpress! Semua yang terposting di blog ini tertampil utuh di wordpress saya, terkecuali 2 postingan terakhir ini. Belum di input. Jadi bagi yang kepingin melihat Kembaran blog saya silahkan klik di https://zetfly.wordpress.com/

Di wordpress ini, postingan saya yang hilang masih tetap ada. Klik disini. Jadi kalau error mestinya hilangnya juga khan? Nah lho…..🙂

3 Tanggapan to “Postingan Politik Bisa Hilang, Aneh!”

  1. uwinarno said

    Bisa sharing bagaiamana mengembalikan postingan teredelete, karena pagi ini saya membuka blog dan menemukan postingan di blog hilang semua. apakah ini error sistem? terima kasih sebelumnya

  2. Panca said

    aku juga begittu mas, postinganku hilang satu. apa kamu udah dapat cara mengembalikannya?

  3. nurvita indarini said

    beberapa postingan saya juga hilang…😦

Tinggalkan Balasan

 
